Harapan Baru Ditahun Baru (1 Muharam 1436 H)

Tidak terasa waktu terus berjalan masa terus berganti dan satu pertanyaan yang muncul sampai hari ini di tahun baru Hijriyah ini apa yang sudah kita capai dalam hidup ini, apa yang sudah kita persiapkan bekal kelak di akhirat nanti. Dua hal tersebut merupakan perenungan yang paling tepat di tahun baru Islam kali ini. Karena di tahun baru ini banyak sekali harapan baru yang muncul, kita baru saja melewatkan momen pemilu legislatif dan pemilu presiden, tentu saja kepada wakil rakyat dan pemimpin yang baru semua umat islam di negri ini menggantungkan harapan baru.


Hijriyah adalah perubahan, perpindahan dari hal-hal yang tidak baik menjadi lebih baik, dari perbuatan maksiat menjadi amal shaleh, inti semua perubahan tersebut menuju kearah yang positif. Pergantian tahun baru Hijriyah ini adalah perputaran waktu dan masa, maka perlu bagi kita untuk mempergunakan waktu dengan baik. Allah telah mengingatkan dalam Alqur’an tentang pentingnya kita memanfaatkan waktu, sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surat Al Ashr yang artinya :

Demi masa Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat-menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat-menasehati supaya menetapi kesabaran.

Selaras dengan itu Nabi Muhammad SAW juga telah mewanti-wanti kita agar mempergunakan waktu dengan baik, dengan menggolongkan manusia menjadi 3 golongan diantaranya :

  1. Manusia yang hari ini lebih baik dari hari kemaren itulah manusia yang beruntung.
  2. Manusia yang hari ini sama dengan hari kemaren itulah manusia yang merugi.
  3. Manusia yang hari ini lebih jelek dari hari kemaren itulah manusia yang celaka.

Sekarang pilihan ditangan kita sendiri, apakah kita menjadi manusia yang beruntung, merugi atau memilih menjadi manusia yang celaka. Kita mulai dari sekarang hari ini dan saat ini untuk menjadi lebih baik karena setiap orang ada masanya dan setiap masa ada orangnya. Maka jangan kita sia-siakan selagi kita masih diberi waktu dan diberi kehidupan oleh Allah SWT jadilah manusia beruntung seperti yang di kehendaki oleh Rasullah SAW.

Sebagai muslim sejati tentunya kita ingin memaknai tahun baru Hijriyah ini dengan hal – hal yang positif dan harapan-harapan yang positif juga. Ada dua hal yang hendaknya selalu kita tingkatkan di tahun yang baru, diantaranya :

  1. Meningkatkan kualitas ketaqwaan kepada Allah SWT

Ditahun baru Hijriyah semua kita umat muslim tentunya mempunyai keinginan untuk meningkatkan kualitas ibadah dan kualitas keimanan kepada Allah SWT dalam mencapai keridhaan dan derajat ketaqwaan. Hal ini bisa dilakukan dengan memperbanyak melakukan amal shaleh dan kebajikan, meningkatkan tingkat volume ibadah serta kualitas ibadah kepada Allah SWT. Sehingga semakin tahun kita menjadi manusia yang semakin meningkat keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

 

  1. Meningkatkan kualitas hidup

Semua manusia tentunya ingin meningkatkan kualitas hidupnya, baik peningkatan penghasilan (materi), peningkatan prestise dan banyak hal lainnya, hal itu lumrah dan wajar. Namun hendak hal – hal tersebut diperoleh dan didapat sesuai dengan ketentuan dan jalan yang ditetapkan Allah SWT, sebagai abdi negara tentunya mendapat kan penghasilan dari negara sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku, demikian juga pedagang, petani, dan profesi-profesi lainnya mereka berhak mendapat penghasilan dan kehidupan yang lebih baik ditahun yang baru ini tentunya dengan kerja keras dan tidak lari dari ketentuan Allah SWT. Dan satu hal yang penting semoga dengan bergantinya tahun kita menjadi manusia yang semakin meningkat kualitas hidupnya dan semakin menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain.

 

Sebagai warga peradilan Agama Bangkinang dalam menyambut tahun baru Hijriyah tentu kita perlu mengintrospeksi diri, mengoreksi diri, target apa yang telah dicapai ditahun lalu dan apa yang hendak di capai di tahun baru ini. Semoga di tahun baru Hijriyah ini kita menjadi abdi nagara yang lebih baik dalam memegang amanah, lebih baik dalam memanfaatkan waktu, lebih baik dalam melaksanakan tugas dan lebih baik dalam kualitas serta peningkatan kinerja karena itu semua merupakan pertanggung jawaban konsekwensi logis dari apa yang telah kita terima berupa penghasilan dan fasilitas yang telah diberikan oleh negara.

Segenap pimpinan dan karyawan serta karyawati Pengadilan mengucapkan Selamat Tahun Baru Hijriyah, 1 Muharam 1436 H. Semoga ditahun yang baru dengan harapan yang baru Pengadilan Agama Bangkinang menjadi lebih baik dan semakin move on to prestasi. amiiin. Edy_efrizal@ocuuu..

  • Pengadilan Agama Bangkinang Kelas I B

    Jalan Jend. Sudirman No. 99 Bangkinang
    Telp/Fax (0762)20176
    email : pa.bangkinang@yahoo.com
    © Copyright 2016 Pengadilan Agama Bangkinang Kelas I B